Design Mimbar Masjid Yang Indah

Design Mimbar Masjid Yang Indah
Design Mimbar Masjid Yang Indah
Design Mimbar Masjid yang Indah, bisa anda jumpai di masjid dan mushola di tanah air. Bentuknya yang beraneka ragan dengan dihiasi berbagai ornamem menarik pada bidang mimbar, membuat betah mata yang memandang.



Bahan mimbar yang rata-rata terbuat dari kayu dengan  hiasan ukiran berbagai bentuk dan warna.  Design yang digunakan beraneka macam. Mulai dari design minimalis yang sederhana, sampai bentuk ukiran artistik yang rumit.

Secara garis besar bentuk deisgn dari mimbar masjid bisa dibedakan atas beberapa jenis.

Model Minimalis

Model ini sempat menjadi model  yang banyak dicari pada tahun 2019 kemarin. Bentuk mimbar yang sederhana tetapi elegan. Hal ini karena ukuran yang menempel pada bagian depan mimbar yang membuat kesan mewah.

Bahan yang digunakan  memakai kayu jati yang sudah terkenal karena kekuatan dan keindahannya.  Hanya dengan warna dasar cat kayu, mimbar ini sudah  memberikan kesan berwibawa.

Model Ukir Jepara

Model yang Satu ini sesuai namanya menampilkan  ukiran jepara yang khas diseluruh  permukaannya.  Ukiran yang tebal dan dalam menghiasi dinding  mimbar. Ukiran Khas Jepara yang sudah terkenal.

Motif ukiran dipadukan dengan  tulisan arab kaligrafi, membuat kesan sakral tampak dari mimbar. Mimbar buatan furniture Jepara ini, memang sudah terkenal ke banyak tempat di tanah air karena keindahan dan kekuatan yang tidak diragukan lagi.

Model Mimbar Kubah Mewah

Dari namanya sudah terbayang  model mimbar yang satu ini dipayungi oleh Sebuah  kubah yang mewah. Mimbar model ini memiliki ukuran lebih besar  dari model mimbar biasanya. Hal ini karena  kubah membutuhkan  penyangga yang kuat, agar bisa bertahan berdiri.

Kubah yang memayungi mimbar dihiasi dengan berbagai  ornamen berbentuk ukiran yang kaligrafi huruf arab dan bunga. Lalu diberikan cat berwarna  kuning keemasan yang makin menonjolkan kemewahan.

Jika anda ingin menggunakan mimbar model kubah ini ada baiknya perhatikan luas ruangan yang tersedia.  Agar memberikan kesan indah dan seimbang. Minimal ruangan yang digunakan mimbar ini sekitar 2m untuk  lebarnya dan  270cm untuk tinggalnya. Jika kurang  dari luas ini sebaiknya memilih mimbar dengan model yang lebih kecil.

Mimbar Depan Marmer

Model mimbar masjid yang satu ini termasuk yang memiliki model tanpa kubah. Ukuran mimbar ini lebih kecil dari mimbar kubah sekitar  100 cm x 80 cm. Tidak terlalu kecil juga tetapi cukup untuk ukuran standar mimbar.


Modelnya masih dihiasi dengan ukiran jepara pada bagian depan yang dipadukan dengan  ornamen terbuat dari marmer yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya.  Sehingga modelnya menjadi unik dan tidak pasaran.

Model Mimbar Arab

Huruh arab yang disusun  dalam bentuk kaligrafi lalu diukir diatas kayu yang ditempelkan di bagian depan dan samping mimbar. Membuat tampilan mimbar indah. Anda pencinta kaligrafi arab tentu memahami tingkat kesulitannya.

Mimbar ini walaupun sederhana tetapi  pantas untuk digunakan pada acara resmi. Tampilan mewah tampak dari ukiran kali grafik dan warna kuning keemasan pada setiap hurufnya. Anda bisa juga memesan hiasan tulisan arab sesuai keinginan.

Untuk mendapatkan mimbar yang sesuai dengan keinginan memang  perlu berdiskusi dengan para jamaah majlis lainnya. Tetapi jangan tergiur harga murah jika nantinya akan mengecewakan semuanya anggota majelis.

Memang tidak harus megah untuk beribadah yang terpenting adalah keikhlasan dan ketulusan.  Tetapi jika bisa memberikan yang terbaik, kenapa tidak? Seperti mempersiapkan  mimbar masjid yang indah untuk sebuah  majelis ilmu.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page